Just another website
Indeks
Berita  

Apakah Bukber Dapat Pahala? Simak Penjelasan Hadist dan Manfaatnya

Jakarta – Buka bersama atau bukber merupakan budaya yang sering dipraktikkan oleh umat Islam di Indonesia selama bulan Ramadhan. Namun apakah bukber dapat pahala?

Pada umumnya, bukber adalah tradisi mengundang kerabat, teman sekantor, atau kalangan lainnya untuk berbuka puasa bersama. Pengundang akan menyediakan makanan untuk berbuka.

Dilansir dari NU Online, berbuka bersama dengan mengundang orang lain baik satu atau lebih untuk berbuka puasa dengan makanan yang telah disediakan.

Ada banyak pahala yang dijanjikan bagi para pelakunya, seperti pahala orang puasa yang ia beri makan untuk berbuka tanpa sedikitpun mengurangi pahala yang harus berpuasa.

Baca Juga:
Jangan Sampai Rugi! Segera Banyak Lakukan Amalan Ini Sebelum Bulan Syaban Berakhir

Masih dikutip NU Online, Imam Al-Baghwani dalam tafsir menyampaikan hadis yang panjang tentang berpuasa. Dari Sai’d bin Musayab dari Salman, ia berkata:

Rasulullah SAW berkhutbah kepada kami di hari terakhir bulan Sya’ban. Beliau bersabda, “… Barangsiapa yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa di bulan Ramadhan maka hal itu menjadi ampunan bagi dosa-dosanya dan pembebasan dirinya dari api neraka. Baginya pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi sedikitpun pahala puasa orang yang diberi buka tersebut.” Orang-orang berkata, “Ya Rasulullah, tidak setiap kami dapat memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa.” Rasulullah bersabda, “Allah akan memberikan pahala yang demikian ini kepada orang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa meskipun hanya dengan susu encer, sepotong kurma, atau seteguk air. Dan barangsiapa yang mengenyangkan orang yang berpuasa maka Allah akan memberinya minum dari telagaku di mana setelahnya ia tak akan haus sampai masuk ke dalam surga…” (Al-Husain bin Mas’ud Al-Baghawi, Tafsir Ma’alimut Tanzil [Kairo: Darul Alamiyah, 2016], jil. 1, hal. 196 – 197)

Dalam hadist riwayat Abu Dawud, “Para sahabat Nabi Muhammad SAW bertanya, ‘mengapa makan tidak kenyang?’ Kemudian, Nabi balik bertanya, ‘Apa kalian makan sendiri?’ Para sahabat menjawab, ‘iya’,” (HR Abu Dawud).

Kemudian Rasulullah SAW menjawab lagi, “Makanlah kalian bersama-sama dan bacalah basmalah, maka Allah akan memberikan berkah kepada kalian semua,”. (HR Abu Dawud).

Manfaat Buka Puasa

Baca Juga:
Resep Puding Santan Krim Pandan, Cocok Untuk Buka Puasa di Ramadhan Nanti

1. Mengembalikan energi dan nutrisi yang hilang saat berpuasa: Setelah berpuasa seharian, tubuh membutuhkan asupan makanan untuk mengembalikan energi yang hilang dan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Oleh karena itu, buka puasa dapat membantu tubuh memulihkan kekuatan dan menjaga keseimbangan nutrisi.

2. Menjaga kesehatan: Puasa dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit tertentu, seperti diabetes dan penyakit jantung. Dengan buka puasa yang sehat dan teratur, kita dapat menjaga kesehatan dan mencegah masalah kesehatan yang mungkin muncul akibat puasa.

3. Meningkatkan kebersamaan: Buka puasa dapat menjadi kesempatan untuk berkumpul dengan keluarga, teman, atau komunitas kita. Hal ini dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan keakraban dengan orang-orang yang kita cintai.

4. Mengasah disiplin diri: Puasa dan buka puasa membutuhkan disiplin diri yang tinggi. Kita harus mampu mengatur pola makan dan kegiatan sehari-hari agar tetap sehat dan bugar selama puasa. Oleh karena itu, buka puasa juga dapat membantu kita mengasah disiplin diri.

5. Meningkatkan rasa syukur: Buka puasa juga dapat menjadi momen untuk merenungkan rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Dengan bersyukur, kita dapat memperkuat iman dan memperdalam hubungan dengan-Nya.

Demikian ulasan singkat mengenai hukum buka bersama yang dapat kamu ketahui. Semoga informasi di atas dapat menjawab pertanyaan apakah bukber dapat pahala.

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Sumber: www.suara.com